Kenapa Momen Kelulusan SMA Selalu Identik Dengan Konvoi ?

Diposkan oleh Jimox

Entah kapan dan darimana tradisi konvoi keliling kota ketika menyambut berita kelulusan ini dimulai. Tetapi yang pasti tiap tahun sehabis berita kelulusan diumukan pasti acara konvoi keliling kota seperti ini masih kita lihat dan kelihatannya acara seperi ini sudah menjadi tradisi diantara pelajar di Indonesia.

Seberapa penting sebenarnya acara seperti ini ? Memang merayakan sesuatu itu baik-baik saja selama perayaan tersebut tidak merugikan pihak lain. Tetapi yang terjadi saat ini tidaklah demikian. Para pelajar yang melakukan konvoi sering tidak memperhatikan pengguna jalan lainnya.

Sayang kejadian seperti ini masih saja terjadi di kotaku. Padahal kepolisian setempat sudah menghimbau agar konvoi seperti ini tidak dilakukan. Kemarin saat pertama kali berita kelulusan diumumkan banyak sekali polisi yang berjaga di jalan-jalan yang biasa dilalui konvoi, sehingga kemarin walaupun masih terlihat beberapa pelajar yang melakukan konvoi, namun konvoi tersebut berjalan dengan tertib.

Hari ini konvoi tersebut terulang lagi tanpa pengawalan polisi. Mereka dengan seenaknya memenuhi jalan. Dimana-mana jalanan macet. Aku termasuk salah satu orang yang menjadi korban kemacetan tersebut. Huh kesal juga sebenarnya, tapi apa boleh buat, mungkin bagi mereka cuman ini yang bisa dilakukan untuk meluapkan kegembiraannya.

Padahal sebenarnya masih banyak hal lain yang bisa dilakukan untuk merayakan kelulusan. Kumpul bareng teman-teman, makan-makan, atau kalau bisa mengadakan kegiatan sosial( "tapi kayaknya susah banget. Hehehe.." ).

Terus siapa ya yang seharusnya bertanggung jawab atas semua ini?. Pemerintah Setempat?, Polisi?, Kepala Sekolah?, Para Pelajar itu sendiri ?, atau siapa ya?. Kalau sobat blogger punya ide, silahkan isi komentar dibawah ini.


{ 18 komentar... read them below or add one }

sda said...

seperti sudah menjadi tradisi...padahal bisa melakukan hal2 yg lebih bermanfaat lainnya.

narti said...

pemborosan bbm tuh...

Yenly said...

lebih baik dipakai buat hal2 yg lebih berguna..

Rchymera said...

Yupz bnr bgt tuch selain boros BBM jg akan merusak motor atau kendaraan wekekek...:-)

Lbh bgs lakukan hal yg lbh berguna serta menghasilkan xixixi...:-)

Fanda said...

Harusnya mungkin dari pemerintah ya yg mengarahkan sekolah2 tuk membuat acara yg lbh berguna.

Btw, ada award buatmu ya, bisa diambil di sini:
http://bukufanda.blogspot.com/2009/06/cinta-itu.html

Kautsar said...

wah keren tuh , sampe pake celana dalam konvionya
tapi kok dah merugikan orang lain ane stuju ma u....
great pos mr....

Rips Priant said...

Mungkin pengen ngikutin konvoinya partai pemilu
eh thanks kunjungannya yah...

Arsyil Hendra Saputra said...

Waktu aku lulus dulu ogah deh yang namanya konvoi gitu...
Takutnya waktu konvoi kena kecelakaan.. wah sudah ngerencanain lanjut kuliah malah bisa2 gagal..
Paling2 abis lulus main game bareng... hehe.

@_T!ka said...

Iya, kadang bingung juga kenapa mereka nglakuin itu. Belum lagi kalau corat-coret sembarangan.Ckckck...
Mungkin perlu adanya arahan dari sekolahnya ya.

reni said...

Memang sebenarnya bisa dialihkan kepada kegiatan yang lebih bermanfaat.
Apalagi di saat satu pihak berpesta pora merayakan kelulusan, di pihak lain berduka karena dinyatakan tidak lulus.
Mana rasa empatinua ? Mana jiwa solidaritas yang biasanya sangat kental dalam darah muda ?

Ups.., sorry kok malah pidato disini hehehe

jimox said...

@mbak fanda, sda, narti, yenly, rchymera, kautsar, rips priant, arshyl, atika : thanks atas ide-idenya.

@mbak fanda : ya mbak awardnya sudah aku ambil. itu aku pajang di sidebar. kapan-kapan pasti aku posting mbak. makasih banyak ya mbak...

@mbak reni : yup bener banget mbak. mereka seharusnya juga mikirin temannya yang nggak lulus. Pidatonya keren. Hehehe...

-=Pradzt=- said...

ya itulah akibat dari rasa gembira yang berlebihan dan tak terkontrol, padahal selepas SMA mereka harus berhadapan dengan dunia yang sebenarnya,,,

ritz said...

saya berharap smg indonesia semakin maju dan pintar lg dlm menghadapi permslhn yg ada dgn bertambahnya kelulusan siswa..

Newsoul said...

Zaman berubah ya, sekarang lulus saja sudah dianggap hal yang sangat layak untuk dirayakan. Lulus memang harus disyukuri, tp gak pake konvoi2an, seharusnya.

jimox said...

@pradzt, ritz, Newsoul : setuju banget, thanks atas pendapatnya, dan seperti yang dikatakan sobat ritz, semoga generasi muda sekarang bisa bikin bangsa indonesia lebih maju lagi. amien.

Arsyil said...

Halo... ada award... Klik disini
Silakan diambil..

eddie said...

Klu menurut eddy sih lebih baik ngadaiin sukuran dari pada konvoi yg ngak jelas, konvoi penuh dengan resiko :D

berbahaya brooooo

nelli_l_yunara said...

Soalnya mereka pikir, lulus SMTA merupakan akhir sekolah, akhir nuntut ilmu, akhir pengawasan ortu, padahal taman SMTA merupakan awal dari kehidupan bermasyarakat n kalau mereka tau tentang kehidupan yg sebenarnya...mereka tidak akan melakukan hal tersebut, bahkan mereka akan menangis karena tidak tau apa yang harus dikerjakan

Salam

Post a Comment