Pentingnya Sebuah Cita-Cita

Diposkan oleh Jimox

Cita-cita adalah soal sederhana, tetapi sebagian besar orang tidak bisa memastikan apa yang menjadi cita-citanya. Bahkan para lulusan Perguruan Tinggi pun masih banyak yang belum tahu kemana selanjutnya mereka akan melangkah, atau dengan kata lain mereka tidak punya cita-cita yang jelas. Dengan cita-cita yang jelas akan memudahkan kita menentukan apa yang seharusnya kita lakukan. Misalnya kita bercita-cita untuk menjadi seorang dokter. Maka kita akan melakukan hal-hal agar dapat mewujudkan cita-cita tersebut. Misalnya dengan melanjutkan ke perguruan tinggi dan masuk di fakultas kedokteran.

Cita-cita ibarat garis lurus yang akan menjadi panduan. Jika kita mempunyai cita-cita, akan memudahkan langkah kita untuk mencapai target.
Sebaliknya kalau kita tidak mempunyai cita-cita, berarti tidak ada target yang harus dicapai, dan tidak ada garis lurus yang akan memandu. Kalau tidak ada target yang harus dicapai,kita akan asal-asalan saja dalam melangkah. Misalnya saya tidak mempunyai target dalam Ujian Ahir Semester, maka saya akan santai-santai saja dalam Ujian tersebut karena tidak ada target yang harus dicapai. Lain halnya kalau saya memasang target. Misalnya harus mendapat nilai A, maka saya akan belajar semaksimal mungkin untuk mewujudkan target tersebut.

Cita-cita sangat penting dalam hal apapun, sebab cita-cita tersebut akan mengarahkan kemana kita akan melangkah. Maka dari itu, mulai sekarang tetapkanlah apa yang menjadi cita-cita anda. Dengan begitu anda akan tahu apa yang seharusnya anda lakukan.

Cita – cita memang akan memudahkan kita dalam melangkah, tapi kalau kita tidak pernah melangkah, cita-cita tersebut ahirnya hanya akan menjadi cita-cita, tanpa kenyataan. Maka dari itu jangan hanya bercita-cita, tapi lakukanlah tindakan nyata. Penyesalan akan sesuatu hal yang pernah kita lakukan lama-lama akan hilang terhapus oleh waktu. Tetapi penyesalan yang sulit dihapus adalah penyesalan akan sesuatu hal yang tidak pernah kita lakukan. Jadi jangan sampai kita hanya menjadikan cita-cita sebagai mimpi tanpa pernah melakukan tindakan nyata.

Opini di atas terinspirasi dari seseorang yang tidak pernah lelah berusaha untuk mewujudkan cita-citanya. Dan karena orang itu juga sekarang saya bisa menentukan cita-cita yang jelas dalam hidup saya. Untuk seseorang, "Terus semangat untuk meraih cita-citamu!!". Semoga berhasil...



{ 25 komentar... read them below or add one }

Arsyil said...

#tengok kanan-kiri#
Loh belum ada toh yg komen.
Oke aku pertama yo.
Cita-citaku apa ya...
Sepertinya cita-cita ku berubah-ubah.
yang jelas aku harus jadi orang sukses!
Amin.

Rchymera said...

Wah klo cita2 gw sich monya simple aja gw ingin jadi orang yg bisa aja,simplekan xixixi.

Maksudnya mo jadi presiden bisa,mo jadi dokter bisa,mo jadi pengusaha bisa n banyak lagi wekekek.

belly said...

cita-cita memang sangat penting sob!
janagn pantang menyerah da..! good luck!

narti said...

artikel yg bagus, penuh semangat.
siapakah seseorang itu?
siapapun dia, kalau memberikan pengaruh yg positif, bagus!!

Linda Belle said...

mimpi adalah kunci seperti kata nidji
tetaplah bercita2 tinggi agar kita mendapatkan yg terbaik
tetap semangat!!

jimox said...

@narti : namanya asakura mbak. hehehe...
@belly, linda : thanks, yup tetap semangat kok. :-)

@_T!ka said...

Cita-cita ya? Hmmm... rasanya kalau nggak punya cita-cita, nggak punya tujuan hidup.

Lihat tulisan saya ttg cita-cita juga di http://aurarosena.blogspot.com/2007/07/cita-cita-refleksi-diri-kita.html

Rosi said...

setuju 200% hrs ttp optimis sm ms depan. terus bermimpi, karena Tuhan akan memeluk mimpi-mimpi itu (Arai) kudu semangattts yach ...,

reni said...

Bagus tuh kalau udah tahu apa cita-2 yg harus diperjuangkan.
Kira-2 apa someone yg telah memberikan pengaruh positif ini sekarang sedang ada di Surabaya ya?
(^_^)

lagi usil said...

cita-citaku....ingin jadi presiden (sambil nyanyi ala susan :))
emang bener, tanpa cita-cita kita seperti jalan tanpa arah dan menurut ke mana kaki melangkah aja...

st_hart said...

cita-cita menentukan arah langkah. langkah pertama berarti sudah separuh jalan. maka cita-cita dan tindakan sama pentingnya. (hayah ga nyambung)

jimox said...

@mbak reni : hehe, nggak mbak. dia sekarang di kediri, besok baru ke surabaya lagi. nggak jadi sebulan nginep disana mbak, tapi pulang-pergi.

come n share said...

yeah...manusia ada gak punya cita-cita ya?? kayaknya gak ada tuh. masalahnya kadang2 cita-cita gak semuanya bisa terwujud

nelli_l_yunara said...

Hi Jimox,
Cita2 adalah suatu frame work yg harus diisi oleh masing2 individu

with love

Laskar Pelangi said...

Kalo bicara soal cita-cita aku jd teringat masa kecil, kalo ditanya soal cita-cita biasanya aku jawab akan jadi Maling hahaha... what a great dumb Lil of Me ^_^

ferdivolutions said...

menciptakan sesuatu cita2 itu gampang, cuma meraih cita2 itu yg sulit.. hehehehe....
dulu, klw ditanya cita2 apa, aku jawab : dokter, tp skrg malah jadi calon guru... ^_^
salam kenal.....
main2 ke blog saya ya....

ratna wulandari said...

yups..dalam hal apapun kita harus punya cita-cita

biar ada target yang mau dicapai..

ia kan mas>>

Zippy said...

Cita2 gue apa yah..??
Hmm, yang jlas, pertama itu mw ngebahagiain ortu gue dulu, ehheheh...

♥ria♥ said...

aku juga punya cita2 dan belum kesampean
tp ak pasti bikin jadi kesampean ^___^

**ada award buat kamu dan ikutan yukz Berbagi kasih melalui T-shirt :)**

http://riaadria.blogspot.com/2010/03/berbagi-kasih-melalui-t-shirt.html

KucingTengil said...

Mia malah byk cita2 neh... hmmmm jalani satu persatu dulu^^

ardi said...

salam kenal makasih bacaan nya

heinous said...

Cita-cita ku.... hmmmm....
yang pasti jadi orang yg berguna bagi nusa, bangsa, & agama. Amin...!

adam said...

salam kenal..makasih infonya ya....

Dongkrak Antik said...

salam kenal....blognya bagus ya...mas aku blog baru...mintak bimbingannya ya ...biar blogku kayak pya e mas..tukeran liks ya mas..nanti aku pasang biar aku banyak teman...salam kenal dari dongkrak antik ...kunjung balik ya

silvi said...

salam kenal

Post a Comment