Kiat Jitu Mengatur Waktu, Menciptakan Kehidupan Yang Selaras

Diposkan oleh Jimox

Ahirnya bisa juga menepati janji saya pada postingan sebelumnya. Yaitu membagi sedikit tips untuk mengatur waktu. Apakah anda termasuk pegawai yang sering terlambat menyelesaikan pekerjaan dengan alasan tidak cukup waktu untuk menyelesaikannya? Apakah anda termasuk mahasiswa yang sering tidak mengumpulkan tugas dari dosen dengan alasan tidak cukup waktu untuk mengerjakannya? Ataukah anda termasuk orang yang gagal melakukan hal yang ingin anda lakukan juga dengan alasan tidak punya waktu untuk melakukannya? Terus kemana perginya waktu anda? Atau kadang anda merasa waktu anda banyak terbuang sia-sia? Kalau jawabannya “YA”, berarti kehidupan yang anda jalani belum Selaras. Dengan kata lain, belum ada keselarasan dalam hidup anda.

Mudah sekali mengenali kehidupan yang tidak selaras. Waktu bangun kita dibagi untuk kegiatan atau pekerjaan yang hanya memberikan sedikit atau bahkan tidak memberikan kepuasan sama sekali, dan saat-saat santai dihabiskan dengan melihat orang lain yang berhasil menjalankan kehidupannya dengan selaras. Sesuatu yang secara umum kita namai hiburan, dengan semua ragamnya, merupakan produk orang-orang yang berhasil menciptakan keselarasan dalam hidupnya. Hampir semua yang kita gunakan, lihat, dengar, atau kita konsumsi dalam waktu-waktu santai kita merupakan produk orang lain yang hidupnya selaras. Orang-orang yang hidupnya selaras, cenderung bersifat aktif “menciptakan” bukan proses pasif “mengkonsumsi”.

Kata-kata seperti “tidak punya waktu” merupakan gejala hidup yang tidak selaras. Seperti yang saya ceritakan sebelumnya, saya ingin mendapat nilai bagus, tapi di lain pihak saat-saat santai saya gunakan untuk menyalurkan hobbi, main catur, futsal, dan nonton film. Saya “tidak punya waktu” untuk belajar, sehingga keinginan saya untuk mendapat nilai bagus tidak bisa saya wujudkan. Darimana saya mendapat nilai bagus kalau saya jarang belajar? Dalam hal ini kegiatan yang saya lakukan bersifat acak, tidak saling terkait, dan bertolak belakang. Dan kita tidak akan pernah punya cukup waktu untuk menyelesaikan semua kegiatan yang acak, tidak saling terkait, dan bertolak belakang yang muncul dalam kehidupan kita sehari-hari dan menarik kita ke segala arah. Meskipun kita menyisihkan lebih banyak waktu, kegiatan yang tidak saling terkait tersebut akan ikut bertambah banyak dan berlipat.

Dan untuk memenuhi janji saya sekaligus menjawab pertanyaan dari sobat blogger tentang kiat-kiat mengatur waktu agar tercipta kehidupan yang selaras, berikut sedikit tips dari saya :

1. Mencari Hal-Hal Yang Harus Dihentikan

Langkah pertama yang harus diambil agar bisa “meluangkan sedikit waktu” adalah mencari hal-hal yang harus dihentikan. Anda mulai tumbuh dewasa jika melepaskan hal-hal yang tidak bermanfaat. Kalau anda pernah melihat film Armageddon, tentunya anda akan ingat saat X-71 melepaskan beberapa bagian roketnya agar bebannya lebih ringan saat terbang lebih tinggi, membuang bagian-bagian yang sudah tidak diperlukan lagi satu demi satu, dan hanya meninggalkan peralatan yang terpenting untuk menuntaskan misi. Alasan begitu banyak orang tidak mampu menyelesaikan semua tugas adalah mereka mencoba mengerjakan terlalu banyak tugas.

2. Kurangi Tidur

Dengan mengurangi tidur, kita akan mendapat modal lebih banyak waktu dari biasanya. Bagi anda yang biasa tidur pukul 22:00, dan baru bangun pukul 06:00, anda bisa mencoba merubahnya dengan tidur agak belakangan, dan bangun lebih awal dari biasanya. Atau bagi anda yang terbiasa melanjutkan tidur setelah sholat subuh, cobalah menggantinya dengan kegiatan lain. Setelah memiliki modal waktu lebih banyak, tinggal bagaimana kita memanfaatkan waktu luang ini sebaik mungkin. Misalnya bagi anda yang masih kuliah, tidur agak malam untuk menyelesaikan tugas-tugas, dan bangun lebih awal untuk belajar. Kiat ini saya peroleh dari mas Romi Satria Wahono, memang awalnya cukup berat, tapi setelah beberapa hari anda akan terbiasa.

3. Biasakan Melakukan Efisiensi Waktu

Biasakan diri kita untuk melakukan efisiensi waktu di semua hal. Banyak orang memiliki rutinitas untuk memulai hari, mandi pagi, menyeduh kopi, menyalakan komputer, dan sebagainya. Akan tetapi, berdiri saja sambil menunggu kopi siap, kemudian duduk saja sambil menunggu komputer menyala dan siap untuk dipakai, itu menggambarkan hilangnya kesempatan untuk melakukan efisiensi. Kita sebenarnya bisa melakukan efisiensi dengan mengubah urutan kegiatan tersebut, air akan mendidih, dan computer akan siap untuk dipakai, sementara kita mandi, tanpa mengeluarkan tenaga ekstra, tapi ini bisa menghemat waktu. Dengan membiasakan diri untuk selalu melakukan efisiensi dalam hal sekecil apapun, kita akan mendapat sedikit tambahan waktu luang. Ingat, sebagian orang menjadi besar karena memperhatikan hal-hal kecil seperti ini.

Itulah sedikit tips dari saya, semoga bisa bermanfaat bagi sobat blogger semuanya.



{ 27 komentar... read them below or add one }

NURA said...

SALAM SOBAT
INFO BERMANFAAT
trims ya, tipsnya,,jadi ada 3 kiatna ya,,,

bayunature said...

Ini hal-hal yang penting tapi sering dilupain orang. terutama efisiensi waktu...terima kasih sob. saya bisa belajar dari tulisan mu.

fitri alifah said...

betul kawan...:) kita harus mengatur waktu, biar ngga ada waktu terbuang percuma, apalagi sekarang memasuki bulan Ramadhan, manfaatkan waktu sebaik-baiknya. :)

Kenali dan Kunjungi Objek Wisata di Pandeglang

narti said...

sekarang sudah tidak penasaran lagi...makasih infonya yah. jadi perlu dipangkas beberapa hal ya? efisiensi di semua bagian.
tapi perlu diperhatikan juga kuat tidaknya tubuh kita, karena tiap orang berbeda-beda.
makasih sharingnya.

!Ryan! said...

Wah info bgs nich jim dan perlu diterapkan, tapi gw tergolong orang yg ssh tdr jim coz mau tdr lbh awal2 yg ada malah glubak glubuk gak tdr2 xixixi...:-)

AISHALIFE-LINE said...

Wah info bermanfaat bro.thanks ya.Blognya emang nggak ada followernya ya? atau nggak muncul di saya ya?

jimox said...

@ Aishalife : iya mbak, blom aku kasih ntar aku pasang widget buat follow. :)

www.gzon.us mencari pemilik said...

Keren bos...
tulisannya mantaf...

nelli_l_yunara said...

Nach ini dia yang aku butuhkan petunjuk serius mengenai pola pembagian waktu bagi pekerjaan,,,, susah kali Jim,,,aku sudah lari2 dari satu pos ke pos yg lain,,,ampe ngos2an tapi ga cukuuuup harusnya satu hari bukan 24 jam tapi 3 x 24 jam hehehe...trim sobat

salam

dewi said...

nih dia postingan keren..susah memang ngatur waktu.. kadang waktu kyk di korup ma kerjaan doang.. kyk 24 jam gak cukup. memang sharusnya perlu keseimbangan biar bsa nikmatin hidup. salam kenal dari aq sobat

Iklan Baris said...

he em, waktunya di atur, jangan kita yang di atur waktu hehehe jadinya kebalik deh, kurangi tidur.....wahhhhh itu yang agak sulit, soalnya ngantuk mulu ni, apa lagi klo setelah makan...waaahhhh hehehehe cepet banget terlelapnya hihihi jadi malu ni ^_^

Iklan Gratis

Arsyil said...

Wah kelihatannya lg menghayati hidup bgt ya.
Instropeksi nih ye ceritanya..

reni said...

Makasih utk kiat jitunya ya...?
Layak utk dipraktekkan tuh..
BTW, kuliah dan kerjaan tetap lancar kan di bulan Ramadhan ini ?

jimox said...

@nelly & dewi: wah mana bisa mbak sehari 3x 24jam? hehe.. semuane sama, 1 hari cuman 24jam, tinggal gimana kita ngaturnya. :)
@ mbak reni : iya mbak. lancar-lancar aja.
@ iklanBaris : hehehe... di coba dulu aja pren
@ arsyil : iya nih syil. :D

ichaelmago said...

hmm..aku sering "kehilangan waktu" :P
tipsnya bagus nih :D

Newsoul said...

Siiip, atur waktu. Setiap kita punya time schedule (meski belum gak harus tejadwal di kertas)mana hal yang lebih prioritas untuki dilakukan.

ina said...

nice tips nie,...

wah,... ngurangi bobok??? kan bobok enak tuh, hehehe,....

tpi boleh deh, ngurangi boboknya kan bisa sambil online2,.. kan asyik tuh,...

makacih yah...

lina@happy family said...

Artikelnya sangat bermanfaat buat saya, karena saya masih suka grubak-grubuk...

Sharing is Fun said...

Hmm...good tips young man..

Heran ya....sehari cuma 24 jam tapi slalu menimbulkan polemik... Wlopun begitu...tetap semangat

Keep in touch

dian said...

Tips pertama, walaupun bacaya udah dari kapan tahun waktu baca buku Clear Your Cluster, dan diingatkan lagi di film Confession of a Shopaholic tadi malam, tapi tetap saja prakteknya susah banget.
Smangat!!

MATA HATI said...

tipsnya ampuh... lebih ampuh opening blognya..keren bgt sob...

BrenciA KerenS said...

tipsnya bagus banget... efisiensi waktu, seandainya masih bisa beli waktu ya... (doh)

genial said...

saiia selalu takjub klu msuk sini kang... page enternya itu lohh napsuin bangedd :(

emang paling susah tuu kang ngatur 'hal' satu itu.. apalagi gmn caranya ngebunuh waktu kang :( byuhh byuhh byuh.. saiia ngemeng apa iia barusan?!?!?

Iklan Gratis said...

artikel yang bermanfaat ..
kadang saking banyak yang harus dilakukan .. rasanya 24 jam sehari tidak cukup ..
trima kasih ya artikelnya ..

Mengembalikan Jati Diri Bangsa

Rkeyla said...

Wach..seep bgt nie artikelnya
spy g ngaret lagi hehehe

Muizz said...

sip, simple, mantap.

buat bacaan ah...

kamar360 said...

tips yang ok sob, tapi kalo dah telat tidur sy malah sampe pagi bablas melek terus

Post a Comment