Jimox Weblog

Diposkan oleh Jimox

Pada mulanya blog ini berfungsi sekedar sebagai jurnal pribadi, tempat menyimpan data seperti tugas-tugas dan materi kuliah secara online. Seperti kebanyakan Mahasiswa Teknik Informatika lainnya, memang sudah tidak asing lagi menggunakan blog sebagai tempat penyimpanan data online seperti ini. Selain karena fasilitasnya gratis, dari situ banyak sekali manfaat yang dapat kita peroleh. Salah satu manfaat yang terasa benar buat saya yaitu kemudahan aksesnya.

Pernah suatu ketika flashdisk yang saya gunakan untuk menyimpan tugas-tugas kuliah saya terjatuh dan hilang saat perjalanan menuju kampus. Padahal pada saat itu tugas tersebut harus dikumpulkan. Tetapi untunglah dua hari sebelumnya saya telah mempublish tugas saya tersebut di blog. Karena di kampus ada koneksi internet, maka dengan mudah saya bisa mengakses dan menyalin tugas tersebut untuk dikumpulkan. Bayangkan saja jika saat itu saya tidak mempublish tugas tersebut di blog, bisa dipastikan saya tidak akan mendapat nilai. Sebelum kejadian itu memang dalam menyimpan data saya hanya menggunakan salah satu media saja. Kalau sudah tersimpan di flashdisk tidak akan tersimpan lagi di Laptop. Begitu juga sebaliknya. Back-up data hanya saya lakukan di media online seperti E-mail dan Blog. Itupun sebatas data-data yang saya kira penting dan sering saya gunakan. Hal itu saya lakukan untuk menghindari penumpukan data dan menghemat memori. Tetapi setelah kejadian tersebut, saya jadi sadar akan pentingnya back-up data, terutama di media online seperti blog.

Pada masa-masa itu aktifitas nge-blog saya belum berjalan seperti sekarang ini dimana kunjungan dan komentar orang-orang sangat saya perhatikan. Sebelumnya saya tidak memperdulikan apakah blog saya tersebut dibaca dan dapat dapat tanggapan dari orang atau tidak, karena saya memang memfungsikan blog tersebut sebagai jurnal pribadi. Pada masa tersebut saya enjoy-enjoy saja dengan keadaan seperti itu. Namun keadaan seperti itu berubah total ketika pertama kalinya ada komentar yang masuk. Komentar tersebut muncul di postingan pertama saya yang kategorinya diluar tugas dan materi kuliah, yaitu tentang seorang wanita yang beberapa hari sebelumnya keluar dengan saya. Dari situ saya mulai menemukan keasikan bermain blog. Kunjungan dan komentar orang membuat saya ingin lebih bereksplorasi. Selanjutnya saya juga mulai bertualang dari satu blog ke blog lain untuk belajar dan lebih memahami dunia blogging. Sampai pada ahirnya saya memutuskan membeli domain sendiri dan membangun Jimox Weblog yang beralamatkan di http://www.jimox.net

Kenapa diberi nama “Jimox Weblog ?”, kenapa menggunakan nama Alias dan tidak menggunakan nama asli? Disini saya menggunakan nama alias bukan karena saya ingin lebih cepat terkenal ataupun malu dengan nama asli saya. Itupun juga bukan karena ingin menerbitkan berita yang kontroversial ataupun agar bebas menghina dan bisa bersembunyi dibalik nama alias tersebut. Saya menggunakan Nickname disini lebih karena faktor kenyamanan, karena ada beberapa tulisan saya menyangkut seseorang yang kemungkinan bisa menimbulkan reaksi keras dari pembaca. Dan memang pada ahirnya kekawatiran saya tersebut memang bukan tanpa alasan dengan munculnya beberapa komentar anonim yang menurut saya kurang enak di dengar. Dan memang itulah dunia blog yang penuh warna. Adakalanya orang menggunakannya untuk memaki-maki dan menyebarkan berita buruk. Padahal masih banyak hal bermanfaat lainnya yang bisa dilakukan selain hal tersebut, misalnya dengan mengikuti kontes blog seperti ini.

“Kenapa saya tertarik dengan lomba ini?” Saya tertarik dengan lomba yang diadakan Harian Online Kabar Indonesia dalam rangka menyambut hari Ulang Tahunnya yang ketiga ini karena beberapa hal. Salah satunya seperti tujuan saya ngeblog selama ini, yaitu keinginan untuk berbagi, belajar ,mengembangkan diri dan berpikiran terbuka. Bukan seperti banyak blogger lainnya yang melakukan aktifitas ngeblog sebagai ajang meraup rupiah, meskipun saya juga bukannya tidak setuju dengan motifasi tersebut. Selain itu hadiah yang ditawarkan disini ada yang menarik untuk saya, yaitu mendapatkan pelatihan menulis online bagi pemenangnya. Menarik karena memang saat ini saya lagi tertarik dan ingin belajar tentang dunia tulis menulis.

Itulah uraian mengenai isi blog, profil, dan alasan kenapa saya mengikuti lomba ini. Terimakasih saya ucapkan kepada Harian Online Kabar Indonesia yang telah mengadakan event ini. Selamat Ulang tahun yang ketiga, semoga acara ini bisa menambah semangat para blogger untuk terus selalu berkarya.


NB : Artikel ini juga dimuat di Harian Online Kabar Indonesia


{ 42 komentar... read them below or add one }

narti said...

absen dulu ya....

narti said...

keren nih, tulisannya dimuat di harian nasional...
sukses dengan kontesnya ya!

sda said...

tulisannya ringan, mudah dibaca, mengalir begitu saja....
sukses ya!
menang atau kalah yang penting sudah ikut berpartisipasi dan ada keinginan untuk maju.

NURA said...

salam sobat
semoga menang ya,,,dikontes blognya.
selamat ultah juga buat Harian Online Kabar Indonesia yang ke 3.

Newsoul said...

Wah, selamat ya Mox, artikelnya dimuat disana. Siip. Semangat terus blogging ya.

yanuar catur rastafara said...

wah,,hebattttt
selamat yahh
bagi-bagi sarannya donk
hehehe

13ahar said...

salam kenal, sob,,

gut lak,,

Rosi aja said...

wuih selamat ya. mantab atuh alasan2 dan proses kreatifnya. sukses terus ya Mox... tp boleh request ngga? kali laen coba diulas napa juga milih nama alias Jimox napa ngga Van Persie atau Zidane ? hehe dasar bola mania ...

Belajar SEO Blogspot | Blog Juragan said...

absen dulu nih sob jimox...
waaah hebat ya mas jimox sampe dimuat di harian online nih..selamat ya !! :D :D :D

reni said...

Hebat... tulisannya dah dimuat di media Harian Online Kabar Indonesia...!
Selamat mengikuti lomba, semoga menang ya...

jimox said...

@ Mbak Narti, Mbak Nura, SDA, New Soul, yanuar, Belajar SEO, Mbak Reni : Makasih ya dukungannya... :)

@ Mbak Rosi : Lo suka bola juga ta mbak ternyata? hehe...
@ 13Ahar : yap, makasih kunjungannya. Salam kenal juga..

pudpud said...

mantebs masuk koran pakdhe....

!Rchymera | WP! said...

Wach pantesan artikelnya keren2 lawong hobinya tulis menulis,btw sukses selalu aja dech xixixi...:D

BrenciA KerenS said...

woww kereeennnn... mpe dimuat diharian online. jagoo banget nih... *yaiyalah, anak teknik informatika*

Bandit Pangaratto™ said...

kereennnn.... sampe di muat di kabarindonesia...

salut salut...

terus berkarya bro

Tisti Rabbani said...

wahh, jimox keren...

salut utkmu deh.. :)

tanya dong, bikin slider bergerak posting diatas itu gimana ya, ada linknya gak??..kok aku bikin gagal maning, gagal maning siih...*gapteknya gak sembuh2*

AISHALIFE-LINE said...

Siiip bro.tetap semangat menulis dan blogging ya.Moga menang deh kontesnya.

TRIMATRA said...

keep blogging!!
hebat tulisannya di muat di haria media terkenal...*jempoll*

♥ria♥ said...

semoga sukses yah ikut kontesnya ^-^V

Happy Blogging ♫

Jimox said...

@ Pudpud, Brencia, Bandit, Aisha, Ria : terimakasih-terimakasih... Biasa aja kok, yang lain juga banyak yang dimuat disitu. Kalian pun bisa kalau mau kirim tulisan kesana :)

@ Mbak Tisti : Via E-mail aja mbak? Ntar aku kirim Source Code nya.

@ Trimatra : sampean kan ahlinya mas, Tulisannya sudah banyak yang dimuat di majalah-majalah :)

Narzis.net said...

Gue juga pake nama samaran kok sob... Heheheh...
Lebih nyaman...
Lagian di kampus juga emang dipanggil ZIppy sih...
Dari SMA malah :D

Edwin's Personal Blog said...

Sekarang blog bukan sekedar sebagai log aja, Mas, tapi sudah menjadi kebutuhan. Sebagai tempat aktualisasi diri. Apalagi Mas mahasiswa IT, kan klop banget tuh...

Itik Bali said...

Wahhhh keren ya mas, pernah dimuat di harian Kabar Indonesia
selamat ya..

abubakar said...

sukses y mas..
sejarahnya panjang juga,,

Koko said...

kunjungi blog ku ya. . .
kalo bisa jadi followers ku. .please

NyieL ^_^ said...

klo qu siy buat blog karna 'dipaksa' guru,
^0^ tapi lama-lama asyik jugah.....

Wa,dimuat di harian Onlent?
Sukses yah ka.....

Kesuksesan Hidup | Renungan | Motivator | Motivasi | Kata Bijak said...

Informasi yang sangat menarik dan bermanfaat sahabat :)

Semoga Jimox Weblog semakin hari semakin maju :)

Sukses Selalu...

uke poet said...

Kepikiran nge backup blog.
Tapi males ngerjainnya...
tulungin dong

Jimox said...

@ Narzis : hehe... sama kalau gitu
@ Ewin : iya mas. seep :)
@ Itik Bali : Bahagia banget dapat kunjungan dari empunya blog yang Blognya masuk nominator Blog Remaja Terbaik di XL BLog Award. Terimakasih Kunjungannya :) salam kenal ya.
@ Abu bakar, Nyiel : sukses juga buat kamu
@ Koko : ya ntar tak main. hehehe...
@ Kesuksesan Hidup : Terimakasih ya mas...
@ uke poet : semangat-semangat. hehe..

YolizZ said...

wah.. selamat neh tulisannya udah dimuat.. saluutt!! sukses yah buat kamu.. keep writing ^^

Arsyil said...

IKUTTTTTTT LOMBA..

wandhe said...

wah sama donk, fulu blog wan juga cuma buat tugas doank , wkwkwkk sama di komporin sama temen2, hahahah kabar baik nich

Willyo Alsyah P. Isman said...

sejarahnya panjang tapi asik...

jurug said...

orang TI memang tidak ada matinya dlm berkarya.. salut

Dinoe said...

Perjalan yg panjang...selamat tulisannya di muat...sukses selalu..

nie.semut said...

setuju banget.
informasi yang sangat berguna

Linda Belle said...

wah semoga menang ya...ditunggu traktirannya hehe

Violet said...

sukses dengan kontesnya yah..

!Rchymera! said...

Coment lg ach dan terus smgt aja jim xixixi...:D

ryva said...

kalah menang bukan ukuran buat qt berkarya tapi kemauan yang tinggi itu yang buat qt menuju kesuksesan, Good Luck ya

@_T!ka said...

Semoga sukses dengan kontesnya ya, Kawan...

willyo ALsyah said...

mo komen tapi udah diatas.... ngomong ini ajadeh... lanjutkan !! kaya slogan bpk kita..

Post a Comment