Masihkah Kita Bangga?

Diposkan oleh Jimox

Dekade belakangan ini kita lebih sering disuguhi kenyataan yang memilukan tentang bangsa kita. Mulai dari kehidupan politik, konflik kepentingan daerah, perang etnis, bencana alam yang bergulir rutin, kasus korupsi yang nggak ada habis-habisnya, hingga merosotnya prestasi para atlet. Tubrukan demi tubrukan kisah tentang carut-marutnya negeri kita ini membuat beberapa teman yang peduli pada masa depan bangsa ini cemas. Beberapa mulai menuliskan refleksinya untuk di publish, beberapa juga mulai menggelar aksinya, dan sebagian juga menjadi orang-orang dibalik layar. Semua mereka lakukan hanya untuk satu tujuan: “Hidupnya kembali Negeri ini”.

Seperti biasa kami berkumpul untuk sekedar berbagi keresahan kami. Dimulai dengan mengenang kembali kebesaran negeri kita ini... Seorang teman mengenang tentang Bapak Proklamator kita, Soekarno, beliau adalah sosok pemimpin yang begitu disegani di dunia. Lantas teman lain menambahi tentang father of all, Soeharto, beliau juga tokoh bangsa yang diperhitungkan di dunia. Sayapun jadi teringat bahwa negeri kita ini sudah memiliki tradisi menjadi besar sejak nenek moyang kita. Ratusan tahun yang lalu kita pernah berjaya lewat Sriwijaya, Majapahit, dan kerajaan-kerajaan lain. Bahkan jutaan tahun yang lalu peradaban negeri kita ini telah dimajukan oleh para pitecantropus erectus.

Brainstorming kami tentang masa lalu harus berakhir ketika seorang teman mengatakan, “Itu kan dulu...”, ketika itu suasana begitu hening, kami begitu terhenyak... Kemudian saya tersadar bahwa kami berbagi disini bukan untuk merenungi, tapi menggugah setiap orang dengan upaya maksimal yang dapat kami lakukan. Dan rasanya kami mulai harus berpikir keras mengobrak-abrik ratusan “file” kami untuk mencari fakta bahwa Negeri kita ini masih sangat pantas untuk kita banggakan!!!

Dan faktanya, Indonesia adalah Negara Maritim terbesar di dunia dengan perairan seluas 93 ribu km2 dan panjang pantai sekitar 81 ribu km2 atau hampir 25% panjang pantai di dunia. Superior bukan? Seperempat panjang pantai di duina ini ada di negeri kita! Bahkan beberapa pantai kita diplot menjadi yang terindah di dunia...

Faktanya, Republik Indonesia adalah Negara pertama yang lahir sesudah berakhirnya Perang Dunia II pada tahun 1945. RI merupakan Negara ke 70 tertua di dunia. Kita bisa melihat bahwa para pahlawan kita dapat dibanggakan, karena jasa merekalah fakta ini tersaji...

Dalam hal perdagangan dunia, faktanya Indonesia adalah penghasil gas alam cair (LNG) terbesar di dunia (20% dari suplai seluruh dunia) juga produsen timah terbesar kedua. Indonesia juga menempati peringkat 1 dalam produk pertanian, yaitu : cengkeh (cloves) & pala (nutmeg), serta no.2 dalam karet alam (Natural Rubber) dan minyak. Selain itu, Indonesia adalah pengekspor terbesar kayu lapis (plywood), yaitu sekitar 80% di pasar dunia.

Dalam dunia olahraga, faktanya bangsa kita masih memiliki koleksi terbanyak lambang supremasi tertinggi bulutangkis putra, Thomas cup, sebanyak 13 Gelar.

Dalam hal kekayaan alam, faktanya negeri kita adalah pemilik Biodiversity Anggrek terbesar didunia : 6 ribu jenis anggrek, mulai dari yang terbesar (Anggrek Macan atau Grammatophyllum Speciosum) sampai yang terkecil (Taeniophyllum, yang tidak berdaun), termasuk Anggrek Hitam yang langka dan hanya terdapat di Papua. Kita juga dimanjakan dengan kehadiran Rafflesia Arnoldi yang tumbuh di Sumatera yang merupakan bunga terbesar di dunia. Ketika bunganya mekar, diameternya mencapai 1 meter. Ditambah lagi Terumbu Karang (Coral Reef) Indonesia adalah yang terkaya (18% dari total dunia).

Dan faktanya lagi, baru-baru ini spesies ikan unik dan langka, ikan terkecil di dunia, juga ditemukan di negeri kita. Ia ditemukan di rawa-rawa berlumpur Sumatera. Panjang tubuhnya hanya 7,9 mm ketika dewasa atau kurang lebih sebesar nyamuk. Tubuh ikan ini transparan dan tidak mempunyai tulang kepala.

Ah, malu rasanya kalau kami masih mempertanyakan “Masihkah kita bisa bangga pada bangsa ini”... Kamipun tertawa lepas dan lega pada akhirnya, karena menemukan fakta-fakta tadi.

Diawalai rasa iri saya pada “Djarum Black” dengan produknya Blackinnovationawards goes to campus, sembari bercanda kami melontarkan pendapat, lihatlah sebuah perusahaan rokok aja mampu bikin innovasi yang sanggup merangkul pemuda-pemuda kampus, masak kita yang ngaku mahasiswa, pemuda harapan bangsa ini nggak sanggup seperti mereka?
Dan kamipun bertekad suatu hari nanti, kami akan berkarya besar untuk membanggakan bangsa ini. Untuk merangkul pemuda, bersama ber-innovasi.

{ 33 komentar... read them below or add one }

yanuar catur rastafara said...

meskipun ada carut marut yg kian meresahkan karena kisruh politik
aku tetep bangga dengan NKRI ku ini
ACI, aku cinta indonesia
my lovely country
hehehe

Jimox said...

Siip2 mas. semangat. hehe...
makasih mas, komentarnya cepet banget. padahal baru posting semenit yang lalu n masih sambil aku edit2 lagi lho mas. takut ada tanda baca atau tulisan yang salah. hehe..
makasih2 :)

Rizky2009 said...

rizky bangga jadi anak indonesia tapi rizky sama sekali g bangga dngan pemerihtahnya, rizky malah seneng d pimpin era pak Harto biarpun kaya gt, tapi rakyat makmur hidupnya, lebih bangga lagi apa yang d miliki RI g ada d negara lain.... I love u full RI

sastra-radio said...

Mari meng-Indonesia dalam segala bentuk.

kedai kopi said...

I like your article.

RCA 102, 5 FM_Live Streaming said...

SELAMAT DAN SEMANGAT TERUS DALAM BERKARYA, SAHABAT BLOGGER. I LOVE YOU FULL!

×÷·´¯`·.·•[ peace ]•·.·´¯`·÷× said...

Sayangnya kekayaan maritim dan kedigdayaan masa lalu sekarang hanya untuk kaum " ELITE " semata bagi kita "Wong Cilik"" Hanya mengais sampah reformasi yang mendamparkan kita pada titik Nadir yang hanya bisa berharap dan berharap semata..

BMI said...

Wah artikel kontes ya....Semangat dan semoga sukses selalu.

Acatrazz said...

Djarum seperti tak lelah memberikan hal hal baru pada dunia pendidikan di negeri ini juga menghidupkan kembali dunia blogger dengan adanya kontes ini, selamat berjuang kawan!!

bang jegot said...

indonesia kaya akan segalanya,tapi tidak bagi rakyatnya....berjuta2 rakyat menderita kemiskinan diatas tanah yg subur dan kaya akan kekayaan alam...sungguh ironis. tidak usah berpikir kembali ke era soekarno atau soeharto,apalagi era masa sekarang ini wkwkwkwk. tapi mari kita berpikir untuk masa depan saja.

Newsoul said...

Bila ada banyak kesedihan yang kita rasa sebagai anak bangsa, maka kita harus bangkit. Artikel mantap sobat.

ryva said...

emang qt harus bangga pada bangsa Indonesia, begitu banyak kekayaan yang mungkin qt blm bisa untuk mengolahnya. Mari qt bersama2 menjaga bangsa ini agar tetap menjadi bangsa yang makmur.

Jimox said...

@ Rizky, Sastra Radio, Kedai Kopi, RCA, Peace, BMI, Acatraz, Bang Jegot, Newsoul, Ryva : makasih atas komentarnya. keren2 :)

Ikutan Ngeblog said...

walau bagaimanapun, aku tetep cinta dan bangga dengan negeriku ini!
karena masih banyak yang baik, dan negeriku ini masih banyak mempunyai impian!

Rkeyla said...

Nice post jim
Udah seharusnya kita bangga pada tanah air kita Indonesia, Negeri yang gemah, ripah loh jinawi
Hanya saja aq prihatin ma pemerintahan sekarang ini,banyak orang2 yang berkuasa lbh mementingkan diri sendiri/golongan dari pada kepentingan orang banyak/rakyat

Wulan Merindu said...

Beruntung deh negeri ini punya orang seperti Jimox, yang tetap optimis sekalipun Jimox sendiri yang dikorbankan, yang dinistakan oleh pengelola negeri ini....Iya ga sih?

Anonymous said...

Dari dulu apa pun yang terjadi dengan bangsa Indonesia saya tetap bangga menjadi warga Indonesia,
Indonesia memberi saya banyak kesempatan, ditambah baca posting di atas jadi tambah bangga atu. ;D

secangkir teh dan sekerat roti said...

oo mesti tetap bangga dong..! kita kan masih punya budaya yang patut di wariskan : KORUPSI..!

Itik Bali said...

Bangga mas, walaupun tantangan menghadang halangan menjulang
Indonesia tetap akan berjaya

Kang Sugeng said...

Mantab Mas artikelnya. Ikutan kontes ni kayaknya. Salam kenal yo Mas...

come n share said...

kalau saya tetap berprinsip Aku Cinta Indonesia Mas..oh ya semoga sukses di lomba Djarum ya mas..

phonank said...

Kebanggaan adalah modal utama bangsa, agar masyarakatnya lebih menyatu dalam persatuan

Edwin's Personal Blog said...

Di tengah keterpurukan bangsa kita sekarang di semua elemen dan aspek kehidupan kita, mari kita coba membangun kembali kebanggaan dan kejayaan kita dengan inovasi generasi muda kita. Generasi yang fresh dan tidak terkontaminasi oleh keruhnya pikiran pendahulu kita dahulu...

Sebuah sharing dari rakyat biasa....

narti said...

aku tetap bangga jadi WNI.
semoga makin maju negeriku tercinta ini.

sda said...

masih dong...
terlebih setelah disini, rasa bangga dan cinta akan tanah air makin terasa.

Ikan-Laron-Semut said...

smoga menang lomba blognya..

genial said...

asli saiia tetep bangga kang :(

Yolizz said...

pkoknya bangga!!

lha kalo kita sendiri ga bangga,, siapa lagi dong?!

harry seenthing said...

keren buanget artikelnya. dan juga sangat membangun....keep moving on blog

ichaelmago said...

aku bangga jadi bagian dari Indonesia :)

Rosi Atmaja said...

aq juga bangga jadi anak indonesia xixixi
sukses kompetisinya yah

Rahad 2 Six said...

bener tuh...
meskipun negara ini masih banyak masalh,tapi aku tetep bangga menjadi putra indonesia....

Edwin's Personal Blog said...

Met siang Mas Jimoxx, semoga kabar baik selalu. Kutunggu lho tulisan barunya ^_^

Post a Comment