Sebuah Lagu Diheningnya Malam

Diposkan oleh Jimox



Layar monitor menjadi gelap, dan tak terdengar lagi obrolan yang mendayu-dayu, pertanda bahwa film yang aku tonton telah selesai. Rencana semula agar bisa tertidur saat menonton film tersebut gagal terlaksana. Rupanya 2 jam lebih berlalu tak membuat bola mataku capek dan terpejam dengan sendirinya. Yang ada aku malah terbawa romantisme dalam film tersebut. Romantisme yang dibawakan oleh 3 anak muda yang sedang terlibat cinta segitiga yang aneh.

Malam ini insomnia nampaknya menyerangku lagi. Sudah hampir lewat tengah malam mataku tetap saja sulit terpejam. Aku beranjak dari tempat tidur dan menyalakan lampu yang sedari tadi mati. Kubuka lemari dimana buku-buku favoritku kusimpan. Kupilih salah satu buku yang kubeli dua hari lalu dan mulai membacanya.

Ditemani lagu-lagu yang mengalun dari radio sebelahku, halaman demi halaman selesai aku baca. Setelah beberapa saat berlalu nggak terasa 2 bab telah rampung. Rasa letih mulai menyerang syaraf mataku. Kutaruh buku itu di meja sebelah dan kurebahkan tubuhku. Kubiarkan tubuh dan pikiranku beristirahat sejenak. Kubebaskan semua yang ada di otakku. Tapi tak lama kemudian pikiranku kembali terusik, kali ini oleh sebuah lagu yang mengalun dari radio disampingku. Bait-bait lagunya kembali mengingatkanku dengan keaadaan yang sering aku rasakan beberapa waktu belakangan. Petikan gitar yang merdu semakin membawaku terhanyut dalam suasana itu. Kerinduan akan lesung pipit, senyum, dan tawa dari seorang gadis manis.
***

Dia duduk bersandar dibahuku, berlindung dalam pelukanku saat udara dingin mulai menyerang. Berjalan berdua bergandengan tangan di pinggir pantai, bersamanya menyaksikan indahnya sunset. Kejar-kejaran di hamparan pasir yang luas. Dan kukecup keningnya sewaktu melepasnya pergi. Oh.. betapa damai dan indahnya...
***

Dentuman lagu Welcome To The Jungle-nya Guns N' Roses tiba-tiba membuyarkan lamunanku. Efek distorsi yang dihasilkan suara gitar yang dimainkan oleh Slash telah menyadarkanku. Menghilangkan semua keindahan dari bayang semu yang barusan terlintas dan kembali membawa pikiranku menuju alam sadar. Tempat dimana yang terlihat adalah kenyataan sekarang ini. Keadaan yang ternyata tak seindah seperti yang aku bayangkan.

Setelah bayangan itu perlahan mulai lenyap dari pikiranku, aku tersenyum sendiri. Memang benar nggak seharusnya aku terlalu terbawa perasaan, dimana yang terlintas hanyalah keindahan. Dan memang sudah seharusnya juga aku mulai bisa menghadapi kenyataan. Namun demikian nggak ada salahnya juga sesekali aku bisa menikmati kedamaian dan keindahan bersama dirinya, meskipun cuman sebatas impian yang sampai sekarang aku juga belum tau kapan impian itu akan menjadi nyata.
***

Kumatikan radio yang sudah tidak lagi memutar musik-musik seperti tadi. Sebelum terlelap dalam tidur dan dihadapkan pada rutinitas esok hari, aku ingin kembali bernostalgia dengan hal yang barusan aku alami. Kunyalakan komputer dan memutar kembali lagu yang telah membawa bayang dirinya hadir dalam dekapanku. Petikan gitar dan suara merdu kembali terdengar ditelingaku....

dalam gelap malam
bertaburkan bintang-bintang
coba terangi khayalku
saat teringat dirimu oh kekasihku

dan seandainya
kau ada disini
temani aku sendiri
di malam yang tak bertepi oh indahnya
damai bersama dirimu

bintang jatuh dengarkanlah
sampaikan rasa rinduku oh untuknya
dan bawalah bayang dirinya
walau dalam mimpi

dalam gelap malam
aku pun masih di sini
berselimut kabut sepi
lukiskan bayangmu kasih oh indahnya
damai bersama dirimu

dalam berjuta malam
kumenanti dirimu
takkan lelah hati ini
walau dirimu jauh
namun biarkanlah
rasa rindu ini selalu untukmu


Sembari mendengarkan, kutengok jam digital di pojok kanan atas monitor
yang ternyata telah menunjukkan hampir jam empat pagi.





{ 37 komentar... read them below or add one }

Newsoul said...

keheningan malam selalu indah. Mungkin inilah sebabnya kita dianjurkan untuk bangun mengadu padaNya. Nice post.

narti said...

aduh bacanya serasa muda lagi nih....hihi....

sda said...

susah juga ya kalau imsonia...
tapi ada tips nya koq...google aja...
tubuh kan perlu istirahat...

Willyo Alsyah P. Isman said...

sabar N ikhlas sob..kita senasib...emank susah sih ngilangin masa lalu dan tak akan pernah bisa hilang...cuma bisa kita redam dengan teori ikhlas..

*GNR..salah satu band paling aku suka di jagat ini*

jimox said...

@ wilyo : ini bukan tentang masa lalu mas, ini tentang sebuah mimpi yang nggak tau sampai kapan akan menjadi nyata. kadang takut juga kalau impian ini selamanya nggak akan pernah jadi nyata.
@ newsoul : iya mbak. sayang sekali kalau kita lewatkan :)
@ mbak narti : umur boleh tua mbak, tapi semangat kudu tetep muda. hehehe...
@ sda : udah banyak baca sebenere mbak, tapi sepertinya emang belum ada niatan kuat untuk sembuh mbak :D

Sang Cerpenis bercerita said...

wah, lagi rindu sama someone nih ceritanya.

salam kenal juga. kayaknya namamu gak asing deh.
terima kasih udah mampir ke blog aku ya.

NURA said...

salam sobat
memang siip dan asyik ya,,kalau mendengarkan lagu...
di keheningan malam yang sunyi.
tapi jangan sampai pagi dong,,,

Rkeyla said...

wach...lagi kangen ma siapa jim ampe' insomnia gt?
hehehehe

Vicky Laurentina said...

Jangan cuma baru berani mimpi. Wujudkan mimpi itu jadi kenyataan!

dinoe said...

waduh sedang rindu ya...memang klu hati sedang merindu pikiran berkecamuk tak menentu ya..tapi resapi aja ..pas ketemu pasti bahagia...tetap semangat....

Jimox said...

This comment has been removed by the author.

Zahra Lathifa said...

masa lalu jadikan kenangan aja..pasti manis, tapi jangan hidup dengan berbayang masa lalu karena kita ga akan maju..

Reni said...

Kerinduan yang dalam membuat malam kian syahdu..
Hingga tak mampu memejamkan mata...
Boleh aku temani bernyanyi bersama lagu rindumu..?

ratna wulandari said...

puisinya bagus banget mox..

kayanya dihayatin bgt gituw..^_^

Jimox said...

@ sang cerpenis : makasih banget mbak komentarnya.. jadi malu nih. mbak fanny kan jagonya bikin cerpen, udah ratusan yang dimuat di Koran. hehe...
@ nura : hehe... iya mbak :)
@ rkeyla : yang pasti sama orang lah mbak :p
@ vicky : yap, makasih mbak semangatnya..
@ dinoe : iya ni mbak, pengen banget ketemu sebenere...
@ zahra : bener mbak. tapi ini bukan masa lalu kok. hehe...
@ Reni : mari mbak, duet bersama. hehehe...
makasih ya mbak, awardnya langsung aku ambil :)
@ ratna : waduh bukan puisi itu mbak, tapi lirik lagunya DNA ^^

ratna wulandari said...

oww..kirain aku puisi kamu, hehe..

btw, maap ya kemaren aku remove di blogroll, kirain gag update lagi dirimuw..

okey2..ntr tak pasang lagi mox..

dont be sad ya, hehee

uke poet said...

Yehhhh... hidup GnR!
Mampir mas Jimox. Kenapa gak ikutan Ori lewat aku sih? Wkwkwk...

anindyarahadi said...

halo mas, kunjungan balik nih... sori baru sempet udah aku pasang linknya...


cerpen atau curhat ya ini? hihi

jimox said...

@ ratna : yap makasih ya neng
@ uke poet : la kamu nggak nawarin aku :p
@ anindyarahadi : curhat dalam bentuk cerpen non. hehe.. yap, segera tak pasang juga linkmu non :)

phonank said...

Waduh2...

jangan sampai terhanyut gtu dooonk...

jadinya begadang dah,hehe

Itik Bali said...

Saya juga kalo rindu banget sama seseorang tapi tak bisa menyampaikan perasaan rindu itu biasanya yang saya lakukan adalah membuat tulisan apa saja tentang dia
atau memimpikan tentang dia

walaupun kadang mimpi tak selalu bisa diwujudkan setidaknya kita lega telah menemukan sebuah mimpi..

Rizky2009 said...

sabar kawan aq pun juga pernah mengalami hal yang sama, kala aq mendengar alunan lagu yang mengingatkan aq pada kenangan lama

ninneta said...

malam tuh indah banget yah buat main gitar sambil ngelamun.... hehehehehehe....

follow ah....

!Techno! said...

Wach sama kayak gw dunx jim tapi untungnya gw lg kerja hehehe...:D

!Rchymera! said...

Wach kgn ama jessica yach jim wekekek,semangat trus jim ntar drpd digondol orang...:D

Rosi Atmaja said...

lho komenku kemaren belom masuk yah ... hemmmm yang lagi dimabuk cinta. ati2 yah asal ngayalnya jangan keterusan hoho

ryva said...

keheningan dengan suara lagu bisa buat qt hanyut di dalamnya dan membawa qt dalam masa lalu yang tk pernah qt lupa tuk selamanya

Yolizz said...

waktu dini hari emang suka membuat khayalan kita kemana-mana yah mas,, maklum aku juga suka jadi 'korban' insomnia,, hehe... :p

Wulan Merindu said...

Klo ttg Insomnia... sy pun korbannya..yah akhirnya makin insomnia malah makin minum kopi, sungguh menguras waktu istirahat. Tukeran link ya maz

Edwin's Personal Blog said...

Saya juga pernah mengalami persis seperti yg Mas Jimox rasakan. Percayalah, keindahan nanti pasti akan datang menghampiri kita ^_^

jimox said...

@ phonank : nggak terhanyut kok mas. hehe..
@ itik bali : sama kalau gitu non :D
@ rizky : ya mas, sabar2... :)
@ ninneta : udah tak follow balik ta...
@ techno : mending bang, melek tapi jelas tujuannya. haha..
@ rchymera : iya bang, tapi ni barusan dah ketemu o bang... :)
@ rosi atmaja : nggak kok mbak. kalau malem tok ngayalnya. kalau siang masing2 punya kesibukan sendiri2. hehe..
@ ryva : iya mbak. tapi ini bukan soal masa lalu, tapi masa depan. hehehe..
@ yolis : waduh non, ternyata banyak juga ya.. gabung aja di insomnia group. search aja di FB. ada kok :p
@ wulan : lha ini insomnia lagi.. hehe...
yap, dengan senang hati.. langsung tak pasang mbak
@ edwin : makasih mas... amien :)

makasih komentarnya, tapi capek juga balesnya. hehe...

tikno said...

Saya juga pernah mengalamai saat-saat susah tidur.

ratna wulandari said...

kok belom up date mox..ku kan mau comment..hehhe

come n share said...

wew..indah,manis dan begitu menusuk kalbu nih mas jimox...jadi teringat seseorang yang pernah singgah di hati semasa SMA dulu...

yanuar catur rastafara said...

emank susah bos jadi insomniares
hehehe
tapi asik juga lho
hehehehe

SeNjA said...

romantis sekali kamu sobat ^_^
mengenang seseorang sambil ditemani lagu cinta dan keheningan malam..hemm...so sweet

dewi said...

makanya kalau lagi ketemuan ma blahan jiwa kamu tuh jangan manyun... di kira nya kmu bete.. padahal aslinya seneng bnget toh hatimu....ya deh smoga dia tau kamu sgt rindu pada dia..

Post a Comment