Aku Menyayangi Mata Ini

Diposkan oleh Jimox

Menulis menjadi kurang menyenangkan karena tadi malam saya terhenyak membaca sebuah softnews di TV yang menyebutkan, lagi-lagi data menyedihkan, tentang sisi kehidupan negeri ini. “0,9 % penduduk Indonesia mengalami kebutaan”.

Yang pertama terlintas hanya kata syukur bahwa saya masih dapat melihat dengan sempurna kehidupan ini, masih bisa membaca artikel-artikel dalam Blog Competition yang diadakan oleh Djarum Black dengan tajuk Djarum Black Blog Competition Vol 2 ini, masih bisa melihat acara Black in News di TV, dan yang terpenting, dengan pengelihatan ini saya masih bisa berusaha menghasilkan karya yang berguna bagi orang lain.

Apakah berita itu bermaksud “menyindir” pemerintah atas pelayanan dan penanganan kesehatan masyarakat yang selama ini tampak kurang layak? bahkan sangat tidak layak di beberapa daerah.

Apakah, berita itu hanya sekedar “pemberitahuan” kepada masyarakat agar terbuka matanya dengan keadaan saudara-saudara kita di negeri ini yang kurang beruntung? Hanya jawaban “entahlah” yang saya tau disini… karena saya memang tidak tahu pasti apa maksudnya… Bahkan saya juga tidak tahu apakah berita yang disuguhkan redaksi itu benar sesuai dengan kenyataan di lapangan.

Namun yang saya tahu angka 0,9% dari 200 juta lebih penduduk Indonesia bukanlah angka yang sedikit, itu dapat berarti lebih dari 2 juta penduduk. Saya sedih saat membayangkan jumlah itu adalah 20 kali jumlah penonton sepakbola yang dapat memenuhi Gelora Bung Karno di ibukota, sedih membayangkan begitu banyak orang yang kurang beruntung.

Tak ada yang dapat saya lakukan, yang pasti hanya doa agar mereka dapat menjadi orang-orang luar biasa dalam segala keterbatasan mereka, semoga juga orang-orang dan LSM-LSM yang concern membantu dan membina mereka dapat memberikan yang terbaik. Semoga orang-orang tersebut kelak akan menjadi pahlawan-pahlawan bagi bangsa ini.


{ 0 komentar... read them below or add one }

Post a Comment