IT Ku Yang Jahat

Diposkan oleh Jimox

Kemajuan Teknologi Informasi tampaknya bukan hanya membawa dampak yang positif, ia pun terkadang "menunjukkan" sisi kejamnya. Seperti yang terjadi belakangan ini, kasus pembobolan ATM dan juga modus penculikan yang memanfaatkan media “produk” dari kemajuan IT seperti jejaring social facebook.

Saya kembali teringat tentang kasus-kasus tersebut saat mendengarkan khotbah sholat jum’at tadi siang yang sedikit menyinggung tentang kedua kasus tersebut. Dan yang membuat saya sedikit merinding dalam khotbah tadi adalah sebuah data yang disajikan khotib jum’at yang beliau sadur dari Depkominfo bahwa dari 27 juta pengguna internet dan facebook di Indonesia, 13 juta diantaranya adalah remaja yang masih berusia 13 sampai 15 tahun, yang notabene kurang mendapat pendidikan tentang “pemanfaatan” internet.

Yang mereka tahu hanya “explorasi buta” terhadap fasilitas IT tersebut. Maka apabila kemudian di Negara kita ditemukan banyak kasus penyalahgunaan IT terutama terhadap kaum remaja, maka saya rasa itu menjadi sebuah hal yang “wajar”. Entah itu penculikan untuk pemerasan, pemerkosaan atau tindak kejahatan yang lain.

Saya sendiri cukup menyayangkan pola pendidikan IT di banyak daerah di Indonesia, yang sebenarnya sudah masuk kurikulum, namun dalam penerapanya saya sering melihat bahwa yang diajarkan dalam mata pelajaran “IT” ternyata hanya sebuah pengantar ringan internet, dan selebihnya justru diisi “ketrampilan” Ms office.

Hal ini di perparah dengan tidak adanya pembinaan dari bagian konseling di sekolah. Saya kira sudah saatnya bagi sekolah-sekolah kita untuk mengagendakan pembinaan IT yang bukan hanya secara teknis saja, tapi juga “mental”. Sebab tampaknya tanpa campur tangan pemerintah lewat dunia pendidikan rasanya usaha banyak LSM dan Ormas yang mengkampanyekan “internet sehat” tidak akan pernah maksimal.

Dan lewat blog ini secara pribadi, saya usul nih pada pihak Djarum Black. Gimana kalau ngadain lomba ide kreasi “internet sehat” buat generasi muda… yah, semacam Blackinnovationsaward gitu… hanya saja yang dilombakan ini karya dalam bentuk konsep… Menurut saya bukan hal yang sulit bagi remaja usia SMP dan SMA untuk membuat konsep, dan kalau dilombakan pasti kreatifitas mereka bakal lebih terasah. Setelah itu hasil konsep mereka nantinya dapat kita gunakan untuk memerangi efek negative perkembangan IT di Indonesia.

Well, anyway itu hanya sebuah pemikiran saya saja. Dan itu tidak lebih penting daripada tindakan nyata kita. So, mari kawan-kawan blogger semua kita nyatakan perang pada “kejahatan internet” mulai dari diri kita sendiri dan mulai dari sekarang!



{ 0 komentar... read them below or add one }

Post a Comment