The Real Leader

Diposkan oleh Jimox

Menjelang hari-hari terakhir deadline event Djarum Black Blog Competition Vol 2 ini, saya jadi berpikir tentang sosok kuat di balik sukses terselenggaranya event tersebut. Dan lebih jauh lagi saya juga membayangkan ada tangan kuat dan pikiran tajam di balik semua rangkaian event mulai dari BlackInnovationAwards hingga gelaran Djarum Black Motodify.

Sosok pemimpin yang telah membangkitkan semangat hingga brand Djarum berkibar tinggi, sosok pemimpin yang menurut saya telah mampu melawan semua kontroversi tentang rokok. Ya, seburuk apapun citra rokok di hadapan banyak orang, sosok pemimpin inilah yang telah menggerakkan Djarum untuk berbuat jauh lebih besar daripada ratusan LSM dan organisasi di luar sana yang berlabel “kepemudaan dan masyarakat”. Lihatlah efek dan kontribusi BlackInnovatioAwards dan BlackInnovatioAwards goes to Campus yang telah menggali dalam dalam potensi anak negeri ini. Sedangkan kita? Semoga ke depanya kita mampu berbuat jauh lebih besar daripada mereka (Djarum).

Apakah tangan baja di balik sukses event ini yang akan menjadi gambaran sosok pemimpin ideal yang selama ini saya pertanyakan? Sempat belajar dari ketangguhanya (meskipun saya sendiri tak tahu seperti apa beliau, saya hanya mengambil sari dari karya-karya yang terwujud lewat Djarum), namun saya akhirnya memilih untuk ‘tak menempatkan beliau sebagai sosok jawaban atas pertanyaan saya tentang sosok pemimpin yang ideal, sosok pemimpin yang sesungguhnya.

Sejauh ini saya melihat “ke-real-an” seorang pemimpin selalu berbeda dalam setiap karakter bidangnya…

Saya melihat real leader dalam investasi adalah Warren Buffet dengan segala kesederhanaannya di balik labelnya sebagai mestro investasi sepanjang masa...

Saya melihat real leader dalam industri adalah Matshusihta Konosuke dengan filosofinya bahwa depresi ekonomi terburuk dalam sejarah tak lebih penting daripada kesejahteraan dan kelangsungan hidup karyawan dan keluarganya…

Saya meilhat real leader dalam kenegaraan adalah Prabu Siliwangi yang dengan tegas berkata: pantang menjadi Raja yang rakyatnya miskin dan menderita…

Saya melihat real leader itu seperti Leonidas, memimpin pasukan dengan jumlah yang jauh lebih sedikit dari musuhnya, namun tetap menjaga semangatnya hingga akhirnya memenangkan pertempuran…

Saya melihat real leader itu seperti Salahuddin, memimpin pasukan dengan jumlah yang jauh lebih besar dari musuhnya namun tetap rendah hati dan begitu menghargai musuhnya…

Saya melihat real leader itu seperti Umar al faruq, yang mengemban sendiri apa-apa yang menjadi kewajibanya sendiri, tanpa menyalahgunakan kekuasaanya…

Dan saya juga melihat real leader itu dalam gambaran permaknaan hidup saya bahwa dia adalah seorang yang akan memastikan misi kelompoknya selesai meskipun dia menjadi satu-satunya orang yang tersisa…

Ya, mungkin ini hanya karena kemampuan pikir saya yang begitu "kerdil" hingga sulit menemukan sosok pemimpin yang sejati dan mudah untuk kita teladani.

Yang pasti, menurut saya, “The Real Leader” bukanlah seseorang, namun beberapa karakter, ia adalah kumpulan kehebatan karakter dari orang-orang hebat, dan bukan tak mungkin di dunia ini ada sosok tersebut.

Ia adalah sifat yang mampu menggerakkan massa yang banyak untuk memaksimalkan pencapaian tujuan.
Ia adalah sifat yang mampu memotivasi yang sedikit hingga menghasilkan karya besar.
Ia adalah sifat yang selalu menguatkan diri sendiri dan bermanfaat bagi pergerakan orang-orang yang dipimpinya.

Dan terlebih, ia adalah sifat yang mampu berbicara bukan sebagai dirinya, yang mampu melihat dari kacamata setiap elemen yang ia pimpin, dan berpikir di luar “kotak” yang membatasi.

“The Real Leader” adalah seorang kondisional yang tau kapan dan kenapa ia harus bersikap, seorang yang terus belajar tanpa pernah menyadari bahwa ialah pemimpin besar itu…



{ 0 komentar... read them below or add one }

Post a Comment